Minggu, 01 April 2012

TIPOLOGI MANUSIA


MENGULAS TIPE KEPRIBADIAN SESUAI DENGAN TIPOLOGI MANUSIA
Dalam penulisan ini saya akan mengulas tipe kepribadian yang ada dalam diri saya. Setelah sayamembaca catatan yang diberikan terdapat tiga pendapat dari orang-orang terdahulu, yaitu Claudius Galenus,Gerardus Heymans dan Eduard Spanger.A.Menurut Claudius GalenusMenurut pemikir Yunani kuno murid Hypocrates (ahli kedokteran) yang bernama ClaudiusGalenus ada empat tipe tipologi berdasarkan temperamen.Berikut pengulasannya :1.Tipe SanguinikusMenurut tipe ini, dari segi positifnya saya merupakan orang yang tidak takut menghadapi masadepan dan optimis. Sedangkan negatifnya saya merupakan orang yang bersifat mendatar dan kurangkonsekuen.2.Tipe MelankholikusMenurut tipe ini, dari segi positifnya saya termasuk orang yang berhati-hati dalam tindakan,menepati janji, dan stabil jiwanya. Dari segi negatifnya adalah perasaannya mudah tersentuh dan sulitmenyesuaikan diri dengan lingkungan.3.Tipe KholerikusMenurut saya, kepribadian saya tidak termasuk kedalam tipe ini4.Tipe FlegmatisMenurut tipe ini, dari segi positifnya tidak banyak ketegangan perasaan, mudah merasamemiliki harapan-harapan yang hebat serta tertib dan teratur dan mudah mengampuni. Seginegatifnya penyesuaian dengan lingkungan lambat dan peranannya reaktif atau pasif.



Menganalisa Tipe Keperbadian Berdasarkan Tipologi Manusia Menurut Claudius Gallenus
Menganalisa tipe keperbadian masing-masing, Berdasarkan tipologi manusia menurut Claudius Gallenus. Ada 4 tipe keperbadian menurut Claudius Gallenus, adalah :

1. SANGUINIKUS: ( Orang yang mempunyai banyak darah / sangai dalam tubuhnya).
Perasaan Dasar : Riang, Optimis, mudah menyesuaikan diri, perasaan tidak setabil, kurang konsekuen, dan reaksinya tidak di pikir dalam-dalam.
2. MELANKHORIKUS : ( Memiliki banyak empedu hitam / melanchole )
Perasaan Dasar : Sedih, ketakutan, hati – hati dalam tindakan, konsekuen, dan stabil jiwanya.
3. KHOLERIKUS : ( Dalam tubuhnya terdapat banyak empedu kuning – kuning )
Perasaan Dasar : Kurang puas, gelisah, emosional, exspolosi, perasaanya hebat dan kuat kesukaran di atasi dengan energi yang brlebihan.
4. FLEGMATIKUS : ( Di dalam tubuhnya banyak lendir / flegma )
Perasaan Dasar : Tenang, netral, tidak mudah emosional, tidak mudah terharu, pasif, menjumukan dan bersifat konservatif.

Dari ke 4 tipe keperbadian menurut Claudius Gallenus, mungkin saya ini termasuk ke dalam tipe yang ke 4, yaitu FLEGMATIKUS ( Di dalam tubuhnya banyak lendir / flegma ). Perasaan Dasar : Tenang, netral, tidak mudah emosional, tidak mudah terharu, pasif, menjumukan dan bersifat konservatif.
Tapi menurut saya tentang perasaan dasar::
1.Tenang, itu benar,karena saya selalu menghadapi semua masalah dengan tenang.
2.Netral, itu benar,
3.Tidak mudah emosional, itu benar,karena saya itu orangnya sabar.. :)
4.Tidak mudah terharu,itu salah karena bila saya melihat sesuatu yang sedih atau susah pasti terketuk pintu hati saya.

5.Pasif mungkin benar karena menurut saya lebih baik diam.dari pada sok tahu..
6.Menjemukan tidak juga karena saya banyak omong ( bawel ) dan usil.
7.Bersifat Konservatif mungkin salah karena saya fleksibel.

Kesimpulanya adalah Dari tipe yang ke 4, yaitu FLEGMATIKUS ( Di dalam tubuhnya banyak lendir / flegma ). Perasaan Dasar : Tenang, netral, tidak mudah emosional, tidak mudah terharu, pasif, menjumukan dan bersifat konservatif, Yang menurut saya itu adalah tipe saya ternyata tidak semuanya benar. Karena ada beberapa sifat yang sedikit tidak sesuai dengan apa yang ada pada diri saya...





Tipologi Manusia menurut Claudius Gallenus
Tipologi Manusia.
Tipologi merupakan pengetahuan tentang penggolongan manusia atas dasar kepribadiannya. Kepribadian seseorang tersusun atas dasar vitalitas jasmani dan rohaninya, disamping ada factor tempramen, karakter dan bakat. Dahulu kala ada seorang pemikir Yunani kuno yang merupakan murid Hypocrates (ahli kedokteran) yang bernama Claudius Galenus mengadakan tipologi berdasarkan tempramen, yaitu cairan-cairan yang terdapat dalam tubuh. Berikut ini adalah tipologi manusia menurut Claudius Gallenus tersebut:
1. Sanguinikus
Tipe ini merupakan orang-orang yang mempunyai darah yang banyak didalam tubuhnya. Kepribadian manusia dengan tipe sanguinikus adalah riang, optimis, mudah menyesuaikan diri, perasaan tidak setabil, kurang konsekuen, dan reaksinya tidak di pikir dalam-dalam.
2. Melankolikus
Tipe ini merupakan manusia yang memiliki banyak empedu hitam/melankhole didalam tubuhnya. Kepribadian manusia dengan tipe melankolikus adalah sedih, selalu ketakutan, hati – hati dalambertindak, konsekuen, dan jiwanya stabil.
3. Kholerikus

Manusia dengan tipe ini didalam tubuhnya banyak terdapat empedu kuning/kholeri dengan perasaan dasarnya selalu merasa kurang puas. Kepribadian manusia dengan tipe kholerikus adalah kurang puas, gelisah, emosional, exspolosi, perasaanya hebat dan kuat kesukaran di atasi dengan energi yang berlebihan.
4. Flegmatikus
Manusia dengan kepribadian flegmatikus ini adalah tenang, netral, tidak mudah emosional, tidak mudah terharu, pasif, menjumukan dan bersifat konservatif.
        Berdasarkan keempat tipe tersebut diatas, saya merasa bahwa kepribadian saya termasuk ke dalam tipe flegmatikus karena banyak orang yang menilai saya sebagai sosok yang pendiam, pasif, netral, dsb. Selain tidak mudah dan tidak peka dengan lingkungan baru, saya juga mempunyai sifat yang sangat memiliki harapan dan keinginan-keinginan yang tinggi sehingga apa yang saya inginkan pasti akan saya usahakan untuk mencapainya



Tipe kepribadian yang ada dalam diri saya menurut tipologi Claudius Gallenus
February 20, 2011
Dio Fery Andriawan   Tugas Kuliah  Leave a comment

      Rate This
Tipologi Manusia.

Tipologi adalah pengetahuan yang mencoba menggolong-golongkan manusia atas dasar kepribadian. Kepribadian seseorang tersusun atas dasar vitalitas jasmani dan rohaninya, disamping ada factor tempramen, karakter dan bakat. Vitalias jasmani bergantung pada konstruksi tubuh, sedangkan vitalitas psikis merupakan energy hidup yang belum terarah secara intensional, sebagian bergantung pada alam lingkungan yang membentuknya. Johan Gasper Lavater (1741-1801) seorang ahli dari jerman membedakan tipe manusia berdasarkan tubuh. Tubuh yang gemuk biasanya mempunyai tipe yang tenang dan sabar, sedangkan tubuh kecil dan panjang mempunyai tipe lincah dan kurang sabar.
pemikir Yunani kuno murid Hypocrates (ahli kedokteran) yang bernama Claudius Galenus mengadakan tipologi berdasarkan tempramen, yaitu cairan-cairan yang terdapat dalam tubuh. Berikut ini adalah tipe-tipe tersebut:

Tipe Sanguinikus
Tipe ini merupakan orang-orang yang mempunyai darah/ sangai yang banyak dalam tubuhnya. Perasaan dasar tipe ini adalah riang dan optimis. Perasaan dasar tipe ini ialah percaya diri, tidak takut menghadapi masa depan, mudah menyesuaikan diri, gerak dan bicaranya banyak, mudah mengambil prakarsa. Sedangkan negatifnya adalah sifatnya mendatar, perasaan tidak stabil, kurang konsekuen, hidupnya kurang teratur, reaksinya tidak dipikir dalam-dalam. Yang cocok sebagai partner adalah tipe flegmatis.

Tipe Melankolikus
Tipe ini memiliki banyak empedu hitam/melankhole dalam tubuhnya. Perasaan dasarnya sedih, sisi negatifnya selalu ketakutan, perasaannya mudah tersentuh, sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan dan sikapnya kurang bergairah. Segi positifnya adalah berhati-hati dalam tindakan, konsekuen, menepati janji, dan stabil jiwanya.

Tipe Kholerikus
Orang dengan tipe ini dalam tubuhnya banyak terdapat empedu kuning/kholeri dengan perasaan dasarnya selalu merasa kurang puas. Segi negatifnya lebih banyak dari positifnya, antara lain selalu gelisah, lekas eksplosif, mudah emosional, ingin menang sendiri, objectivitasnya kurang, kurang rasional dll.

Sedangkan tipe kepribadian yang ada dalam diri saya menurut tipologi Claudius Gallenus, yaitu:
Tipe Flegmatis  karena menurut  tingkah laku yang terdapat dalam diri saya, saya mempunyai tingkah laku yang mempunyai perasaan dasar tenang, netral, tidak ada warna perasaan yang jelas. Segi positifnya tidak mudah tegang, memiliki harapan-harapan yang besar dan hebat, tidak mudah terharu, tidak mudah panic, tertib, dan teratur. Segi negatifnya, perasaan tidak begitu peka, dingin hati, penyesuaian dengan lingkungan lambat, peranannya reaktif atau pasif, menjemukkan dan bersikap agak konservatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar